Muhammad Hafid

Blog Belajar Python atau Django

Muhammad Hafid

Tugas kita itu adalah bukan untuk berhasil, tugas kita adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.

MySQL Remote Error Access with Navicat

Yup, navicat salah satu remote database yang cukup banyak di gunakan oleh kalangan dba ataupun programmer, dikarenakan fiturnya yang sudah cukup banyak membantu, tetapi disini saya tidak membahas mengenai navicat ya, apalagi share softwarenya karena navicatnya sendiri salah satu aplikasi berlisensi.

Disini saya install navicat di dalam virtualbox, ya karena saya OS Defaulnya menggunakan linux ya, dan navicat berjalan di server non Linux, makanya saya install di vm, sebenarnya sih bisa saja di install di linux dengan menggunakan wine, tetapi saya tidak begitu suka dengan wine, karena menurut saya penggunaan wine jatohnya seperti memaksa banget aplikasi windows / exe berjalan di linux, oke disini saya tidak membahas wine ya

Saya mencoba melakukan configurasi connection di navicat dengan memasukan host db, username, port dan password untuk koneksi ke database mysql saya yang berada di linux. Permasalahnya pada saat test connection muncul error yang intinya adalah navicat tidak bisa menghubungkan ke database mysql. Kemungkinan kesalahan host / port / account, just info saja ya untuk penggunaan host sebaiknya tidak menggunakan localhost tetapi ip address, karena jika kalian menggunakan localhost dan di vm kalian terinstall Xampp / database mysql nantinya akan connectnya ke mysql vm, kan pada tutorial ini saya ingin mengkoneksikan nya ke database mysql di luar vm.

Setelah kalian yakin dengan memasukan port mysql, host dan username password tetapi masih belum bisa, kemungkinan mysql yang ingin kalian remote tidak memberikan akses remote di usr privileges di User Account.


Kalian harus menambahkannya seperti punya saya ini :


Untuk menambahkan hak akses seperti itu bisa menggunakan Guinya PhpmYadmin, tetapi saya lebih suka menggunakan terminal console dengan login ke mysqlnya. Seperti pada gambar dibawah ini :


Setelah kalian login silahkan ketikan command ini :

GRANT ALL PRIVILEGES ON *.* TO 'root'@'192.168.0.%' IDENTIFIED BY 'madun2015' WITH GRANT OPTION;

Maksudnya adalah, memberikan full access kepada ip 192.168.0.% dengan menggunakan user root dan passwordnya madun2015.

Setelah itu kalian masukan hostnya di navicat dengan menggunakan ip address yang hendak diremote.

Selesai.


Labels: database , mysql , remote database

Thanks for reading MySQL Remote Error Access with Navicat . Please share...!

0 Comment for "MySQL Remote Error Access with Navicat"

Back To Top