Muhammad Hafid

Blog Belajar Python atau Django

Muhammad Hafid

Tugas kita itu adalah bukan untuk berhasil, tugas kita adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.

Release ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish

Wow.. bagi para pecinta linux khususnya Ubuntu, kini ubuntu hadir dengan gaya baru, dan kini sudah versi terbaru yaitu Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish. Makin berkembang ya ubuntu, berbeda seperti jaman dulu sewaktu saya masih sekolah saya sudah mengikuti ubuntu versi dibawah versi 08.

Jika kalian memasang ubuntu versi 18.04 atau dibawah versi ini serta terkoneksi dengan internet, maka kalian akan ditawari secara otomatis dengan pop up pemberitahuan bahwa Ubuntu hadir di verso 18.10 dengan segala notice dan jika setuju hanya tinggal klik tombol Yes Upgrade atau jika tidak ingin upgrade ke versi 18.10 tinggal klik No.

Tetapi saya lebih menyarankan untuk melakukan upgrade, karena kenapa ? menurut pengalaman saya jika kita membatalkan permintaan upgrade waktu pertama kali, akan jarang bahkan tidak akan keluar lagi tawaran untuk langsung upgrade ke versi terbaru, dan ketika kalian ingin melakukan upgrade, kalian akan ribet harus menyiapkan beberapa hal seperti download iso nya terlebih dahulu, habis itu memasukan iso kedalam flashdisk lalu menginstallnya, dan ini sangat rentan terjadinya error ketika setelah selesai upgrade.

Jika saya pribadi males dan sudah kapok melakukan upgrade manual, karena banyak yang harus di setup, pasti ada saja masalah seperti :
  • Gagal login, walaupun username dan password benar
  • Looping login, username dan password sudah benar lalu loading dan akhirnya kembali ke form login, seharusnya masuk ke gui deksktop
  • Graphic Nvidia tidak cocok atau error missinng
  • Gui Hilang, setelah login masuk kedalam tth / terminal mode
Dan masih banyak yang aneh-aneh, jadi saya sarankan untuk menekan tombol Yes Upgrade. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan ketika melakukan upgrade.
  • Internet harus standby on
  • Perangkat komputer / leptop tidak boleh dimatikan pada saat proses upgrade
  • Tetap tersambung dengan carger kontak
  • Ketika proses berjalan jangan mencoba untuk cancel atau aborted.
Semua itu jika terjadi pada kalian sebagaimana disebutkan diatas, bersiaplah kalian jika kalian mematikan perangkat dan menghidupkannya kembali, antara error atau normal.

Pengalaman Upgrade Ubuntu 18.10
Jadi pada saat proses upgrade saya menggunakan Wifi layanan Indihome yang cukup stabil, dan perangkat sembari di gunakan untuk aktifitas programming saya.

ketika dalam keadaan idle atau tidak ada aktifitas kalian tidak perlu kaget jika layar kalian berkedip setiap kurang lebih 2 menit sekali. Tetapi jika kalian sembari gunakan untuk melakukan suatu hal entah browsing / buka aplikasi, layar akan normal dan tidak berkedip.

Dan hebatnya lagi tidak melambat responsnya alias normal. Proses ini menghabiskan waktu upgrade sekitar kurang lebih 2 jam, karena ada proses downloading new package, lalu installasi new package bahkan meremove old package lalu mereplace dengan new package, setelah itu pembersihan cache lalu terakhir restart. Disini tidak perlu menekan tombol apapun baik next atau tombol aksi apapun karena si ubuntu sendiri yang otomatis mengerjakan task sebagaimana disebutkan sebelumnya.

Tanggapan Setelah Menggunakan Ubuntu 18.10
Awal setelah selesai login ke gui dekstop akan tampak loading wallpaper berlogo cumi cumi dengan warna khasnya ubuntu kombinasi coklat dengan orange. Disusul dengan gaya icon yang menurut saya kurang bagus ya, karena defaultnya berwarna hitam dan iconnya bernuansa clasic, termasuk ke dalam file explorernya.


Saya lagi mencoba berusaha mengcustom icon nya agar nyaman di lihat menurut saya, dengan menggunakan ubuntu tweak. Dibeberapa blog luar negeri ada pembahasan bahwa icon packagenya untuk Ubuntu 18.10 bawaanya adalah bernama Yaru.

Problem Explorer Ubuntu 18.10
Sejauh ini graphic Nvidia berjalan dengan mulus dan tidak error. Disini ada beberapa hal yang mungkin akan terjadi dan harus kalian cek diantaranya adalah

  • Audio, coba kalian putar music lagu dan bukalan video, jika suaranya tidak muncul kalian bisa menggunakan cara ini : Problem Solving
  • Media Codec, Ketika kalian memutar video pastikan semua format bekerja, karena ada beberapa video dengan format tertentu tidak bekerja atau mengalami lag. Problem Solving


Okelah mungkin cukup sekian cerita pengalaman saya menguprade Ubuntu 18.04 ke 18.10.
Labels: linux , ubuntu

Thanks for reading Release ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish . Please share...!

0 Comment for "Release ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish"

Back To Top